64b55469b893db5a660de5a1
Caption image

Ketahui Fungsi Overdrive pada Kendaraan

Admin

Diposting pada 17 Juli 2023

Tags :

News

Saat kalian membeli mobil baru terutama, sekarang ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur. Termasuk fitur overdrive yang dapat memudahkan para pengemudi.

Overdrive sendiri merupakan sebuah fitur yang terdapat pada tuas atau tombol guna mengoptimalkan efisiensi bensin ketika mobil dalam kecepatan tinggi, untuk memahami lebihnya adalah sebagai berikut. Overdrive sendiri dapat digambarkan dengan gigi transmisi kendaraan dengan rasio percepatan lebih tinggi dibandingkan dengan putaran mesin. Jika kalian sedang menggunakan mobil matic dengan transmisi 4 percepatan, maka putaran mesin sama dengan rasio pada gigi 3, jika anda menggunakan gigi 4 maka rasio putarannya lebih besar dibandingan dengan putaran mesin, sehingga disebut dengan overdrive. Fitur overdrive ini dapat membuat mobil jadi lebih responsif saat menyalin dijalan raya.

Adapun beberapa fungsi overdrive yang perlu kalian pahami adalah sebagai berikut:

1. Membatasi percepatan perpindahan gigi mobil

Fungsi utama dari overdrive adalah untuk membatasi sistem percepatan ketika sedang memindahkan gigi mobil. Dengan begitu, transmisi mobil tidak menggunakan semua gigi yang tersedia ketika bekerja. Atau lebih mudahnya fitur ini dapat mempercepat perpindahan gigi.

2. Membantu Saat Mobil ingin menyalip atau saat tanjakan

Selanjutnya, dengan dilengkapi fitur overdrive ini mobil dapat dengan mudah untuk menghadapi tanjakan ataupun sedang menyalip kendaraan lain. Ketika fitur overdrive ditekan maka overdrive menjadi tidak aktif. Sedangkan ketika fitur atau tombol overdrive tidak ditekan maka overdrive menjadi aktif. 

Dan itulah pembahasan mengenai overdrive. Jika kalian ingin melakukan perawatan supaya mobil lebih nyaman digunakan. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

Bagikan Berita :