64b4f2d78495b6858910569c
Caption image

Ketahuilah Fungsi dan Jenis Tow Bar Untuk Mobil!

Admin

Diposting pada 13 Mei 2024

Tags :

tips

Bukan hanya anak mobil, kalian sebagai pemilik mobil juga perlu bahan komponen yang satu ini. Tow Bar, jika kalian sering mendengar komponen yang berikut ini, sebenarnya itu apa sih?

Tow bar atau bumper towing merupakan komponen pelengkap atau aksesoris yang bisa kalian tambahkan pada mobil. Aksesoris ini biasa berbahan dasar besi dan biasa terpasang menyatu dengan bagian belakang rangka mobil. Namun tow bar juga memiliki beberapa jenis seperti yang ada di bawah ini:

1. Triangular shaped system (tow bar berbentuk huruf J)

Biasa sering disebut sebagai tow bar J, karena bentuk kaitnya menyerupai huruf J. Tow bar buatan inggris dan jerman biasanya berbahan besi yang dicor sangat kuat sehingga bisa digunakan untuk menarik/menderek kendaraan. Biasa kaitnya nanti akan disambungkan ke bagian depan mobil yang akan di derek.

2. Tow hitch system (tow bar berbentuk bola)

Desain tow bar yang satu ini berasal dari negeri Amerika, dengan bentuknya yang khas menyerupai bola. Desain inilah dibuat untuk menyesuaikan dengan mobil-mobil di amerika yang mudah di derek. Untuk di Indonesia, tow bar jenis ini cukup mudah ditemui untuk menderek kendaraan bermuatan besar seperti trailer.

Setelah mengetahui jenisnya, adapun fungsi dari tow bar ini adalah sebagai berikut:

1. Memperindah penampilan mobil, jika kalian menggunakan tow bar jenis hitch pada mobil sedan atau hatchback sehingga mobil akan terlihat garang meski ukurannya mungil.

2. Untuk keperluan menderek, fungsi utama tow bar ini adalah sebagai alat bantu menderek mobil.

3. Pelindung bumper belakang, bukan hanya sebagai pemanis saja, tow bar juga bisa berfungsi untuk melindungi bumper belakang jika terjadi benturan kecil, sehingga bumper tidak mudah rusak.

Dan itulah pembahasan mengenai fungsi dan jenis tow bar. Jika kalian ingin melakukan perawatan supaya mobil lebih nyaman digunakan. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

slot pulsa

slot deposit pulsa 

Bagikan Berita :