64b5ecda781ec702b807912b
Caption image

Salah Satu Penyebab AC Tidak Dingin! Cek Bagian Evaporator

Admin

Diposting pada 25 Juli 2023

Tags :

tips

Jika AC mobil kalian terasa sudah tidak dingin lagi, jangan buru-buru panik. Karena ada banyak penyebab maupun kemungkinan mengapa AC mobil tidak lagi dingin. Kalian bisa melakukan pengecekan beberapa komponen atau bagian yang bisa diupayakan supaya AC dapat berfungsi normal lagi. Seperti yang kalian ketahui juga kalau AC mobil menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan. Terlebih di negara tropis seperti Indonesia yang terkadang panas matahari sangat terasa terik. Maka kalian memerlukan AC untuk mendinginkan ruangan kabin

Ada banyak sekali komponen yang membantu fungsi AC bisa berjalan dengan normal, jika kalian mengalami kerusakan, kalian bisa mengecek beberapa komponen seperti:

Extra Fan Mati

Hal pertama penyebab AC mobil yang bersuhu tidak normal bisa disebabkan karena extra fan yang mati. Jika kipas tambahan ini mati maka akan menyebabkan AC mobil langsung tidak terasa dingin. 

Komponen ini memiliki tugas untuk mendinginkan suhu dalam kondensor dan biasa letaknya di bagian depan, tepat dibalik bumper depan.

Freon Habis

Selanjutnya, bisa saja disebabkan karena freon habis. Karena freon berfungsi untuk menyerap panas dari udara di suatu ruangan. Namun pada mobil produksian baru, kasus freon rusak sangat jarang terjadi dan biasa ditemukan kasusnya pada mobil yang usianya sudah lebih dari 10 tahun. 

Evaporator Kotor

Komponen yang juga wajib di cek adalah evaporator, karena komponen ini berfungsi untuk menyerap udara panas dan mengubahnya menjadi udara dingin. Komponen ini biasa terletak di bawah dashboard mobil. 

Biasa penyebab AC mobil tidak dingin dikarenakan komponen ini mengalami kebocoran.  

Kondensor Kotor

Berikutnya, kalian bisa mengecek bagian kondensor. Fungsi dari komponen ini untuk melepas udara panas yang dihasilkan dari kompresor pada AC mobil. Biasanya yang menyebabkan AC mobil tidak lagi dingin karena kondensor kotor. 

Kompresor Rusak

Penyebab paling fatal AC mobil tidak lagi dingin karena kompresor yang rusak. Kompresor yang rusak bisa mengganggu kinerja dari AC mobil. 

Dan itulah beberapa penyebab mengapa AC mobil tidak lagi dingin. Jika kalian ingin melakukan perawatan supaya mobil lebih nyaman digunakan. Kalian bisa langsung datang ke bengkel resmi Honda terdekat atau kalian bisa booking online melalui aplikasi Honda E-Care untuk melakukan perawatan terhadap mobil kesayangan kalian. 

Dapatkan banyak penawaran dan download brochure untuk melihat-lihat produk mobil Honda. Simak terus berita-berita terupdate dari Honda Outside Java di hondaoutsidejava.co.id supaya kalian tidak ketinggalan berita terbaru seputar Honda!

Bagikan Berita :